SMP Negeri 38 Jakarta dan MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta

SMP Negeri 38 Jakarta dan MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta
Gedung Sekolah

Minggu, 30 Januari 2011

Penemu e-mail

Surat elektronik atau electronic mail (e-mail) pertama yang berhasil dikirimkan antara dua mesin dilakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlinson di BBN suatu hari di tahun 1972. Sebelumnya, Tomlinson telah menulis program mail untuk Tenex, sistem operasi yang dikembangkan BBN, yang hingga sekarang masih beroperasi pada mesin-mesin PDP-10 ARPANET.

Selain itu, yang juga monumental adalah penemuan lambang @ pada -mail yang kemudianvdigunakan orang di seluruh dunia.

"Karena saya yang pertama [menemukan], jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan," ujar Tomlison. "Saya memilih lambang @," ujarnya. Karakter ini, menurut dia, lumayan membantu karena mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Ia tidak menyadari betapa saat itu ia sedang menciptakan sebuah icon penting untuk jagat Internet.


Profil Ray Tomlinson

Tomlinson lahir di Amsterdam, New York, tapi kemudian keluarganya pindah ke sebuah desa kecil bernama Vail Mils. Dia bersekolah di Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, New York. Dia berpartisipasi dalam program co-op dengan IBM. Pada 1963 dia lulus dari institut tersebut dengan gelar sarjana dalam bidang teknik listrik.

Setelah lulus, dia melanjutkan pendidikan ke Massachusetts Institute of Technology. Di sana dia mengembangkan synthesizer analog-digital hibrida untuk penelitian tesisnya. Kemudian pada 1965 dia lulus dengan gelar master teknik elektro.

Tahun 1967 dia bergabung dengan perusahaan teknologi Bolt, Beranek dan Newman yang sekarang bernama BBN Technologies. Di sini dia membantu mengembangkan sistem operasi TENEX untuk ARPANET. ARPANET adalah sebuah divisi pengembangan internet dari departemen pertahanan Amerika Serikat.

Di sinilah dia menulis program untuk mentransfer file yang diberi nama CPYNET. Kemudian, dia juga diminta membuat program SNDMSG (send message). Terpikir olehnya untuk menggabungkan dua program tersebut dan hasilnya e-mail pertama.

Lucunya, sewaktu dia menunjukkan e-mail pertama itu pada rekan kerjanya, justru ia disuruh menyembunyikannya, “Ini bukan yang seharusnya kita kerjakan!” ujar Jerry Burchfiel, rekan sekerjanya itu. Tapi apa daya, teknologi ini merupakan teknologi pengiriman pesan paling murah saat ini. Jutaan orang mengirimkan e-mail setiap harinya.

Walaupun berpredikat sebagai penemu e-mail, tapi namanya tidak sepopuler Morse atau Bell. Mungkin karena teknologi internet berkembang sangat cepat sehingga yang lama mudah terlupakan.

Tapi hasil kerjanya juga mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak seperti George R. Stibitz Computer Pioneer Award dari American Computer Museum pada tahun 2000, Webby Award dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk kategori Pencapaian Seumur hidup.

Tahun 2001 dia dilantik sebagai Rensselaer Alumni Hall of Fame. Kemudian, pada 2002 Majalah Discover memberikannya penghargaan innovation Award. Pada 2004 dia menerima IEEE Internet Award bersama Dave Crocker. Dan pada 2009 dia bersama Martin Cooper menerima Prince of Asturias award untuk kategori Penelitian sains dan teknologi.

sumber : dhaniels.com, anneahira.com

1 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More